• Fri. Oct 22nd, 2021

Ketua Lazismu Gunungpati: Kurban dapat Menciptakan Ketahanan Pangan

Koderawit

Penyembelihan hewan kurban di Masjid At-Taqwa Patemon dilaksanakan pada Rabu (21/7). Pada ibadah kurban tahun ini terdapat 26 shohibul qurban dengan rincian tiga sapi dan empat kambing yang penyembelihannya dilakukan di At-Taqwa Patemon.

Matadigital.net

Selain itu ada satu sapi yang ditasarufkan untuk program RendangMu sebagai upaya untuk menjangkau kebermanfaatan yang lebih luas di masa pandemi.

“Alhamdulillah dapat terkumpul 3 sapi dan 4 kambing.  Itu dari jamaah semua yang dikelola oleh lazismu (Kantor Layanan Gunungpati) dan takmir masjid,” ujar Nyoto Ribowo, salah satu panitia yang terlibat.

Penyembelihan dimulai pukul 08.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan. Muhammad Aidrus Aysbani, ketua panitia pelaksanaan kurban menyampaikan bahwa proses penyembelihan berjalan baik dan lancar.

“Pemotongan sapi dilakukan di rumah pemotongan hewan di Ungaran. Setelah itu sapi dibawa ke masjid At-Taqwa Patemon untuk dipotong dan dikemas oleh petugas,” ujar Aidrus.

Proses penyembelihan hewan kurban di rumah pemotongan hewan di Ungaran. [dok. panitia]
Sebanyak 600 paket daging kurban kemudian ditasarufkan ke masyarakat di wilayah Gunungpati. Kegiatan penyembelihan dan pentasarufan juga melibatkan semua elemen organisasi otonom (Ortom) dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Gunungpati.

Arief Wahyu Hidayat, ketua Lasizmu KL Gunungpati, menuturkan kurban kali ini harapannya bisa menjadi salah satu upaya bagian untuk menciptakan ketahanan pangan di masyarakat. Berdasarkan keterangan Arief, satu sapi yang dikirim untuk diolah menjadi rendangMu dalam bentuk kaleng, ke depan mungkin akan lebih dimanfaatkan tanpa batas waktu.

“Dengan diolah menjadi rendangMu itu bisa tahan sekitar 3 tahun dan kita bisa tasarufkan ke masyarakat yang lebih membutuhkan baik korban bencana atau pun ada kondisi lain yang sekiranya membutuhkan stok ketahanan pangan,” tutur Arief.

Sementara itu secara keseluruhan, Lazismu KL Gunungpati menghimpun total senilai Rp. 323.300.000,00 yang mencakup 14 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Sementara itu ada enam lokasi penyembelihan, yaitu di Masjid At-Taqwa Patemon, Masjid Nurul Huda, Masjid Al-Falah, KOKAM DK dan Warga Pakintelan, Masjid Roudhotul Muhadloroh, dan Masjid At-Taqwa Gunungpati.

 

Reporter: Yasinta Purnaningtyas

Koderawit

Matadigital.net